Pratiwi, Kadek Wiwin (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 2 SINGARAJA KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611061025-COVER.pdf Download (317kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611061025-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (126kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061025-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (95kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611061025-LAMPIRAN.pdf Download (407kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan rancang bangun instrumen penilaian kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 2 Singaraja Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2020/2021, (2) untuk mengetahui dan menghasilkan instrumen penilaian kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 2 Singaraja Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2020/2021 yang valid dan reliabel. Pengembangan terdiri dari tiga tahap yaitu : (1) research (studi pendahuluan), (2) development (pengembangan), dan (3) research (uji efektivitas produk). Metode Analisis data pada penelitian ini yaitu pengujian validitas instrumen penilaian ini dilakukan melalui uji validitas (uji ahli/pakar) dan reliabilitas expert. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa validitas dan reliabilitas instrumen dikategorkan sangat baik. Hasil dari uji validitas ditunjukan dengan skor 0,88. Sedangkan untuk hasil dari uji reliabilitas ditunjukan dengan skor 0,79. Penelitian ini diharapkan bisa digunakan sebagai acuan guru dalam proses pembelajaran untuk anak kelompok B Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 2 Singaraja dalam membaca permulaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen, kemampuan membaca permulaan anak usia dini, validitas, reliabilitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | KADEK WIWIN PRATIWI |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 18:37 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 18:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7432 |
Actions (login required)
View Item |