PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 2 SINGARAJA KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Pratiwi, Kadek Wiwin (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 2 SINGARAJA KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611061025-COVER.pdf

Download (317kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611061025-ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611061025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611061025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061025-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061025-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611061025-LAMPIRAN.pdf

Download (407kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan rancang bangun instrumen penilaian kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 2 Singaraja Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2020/2021, (2) untuk mengetahui dan menghasilkan instrumen penilaian kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 2 Singaraja Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2020/2021 yang valid dan reliabel. Pengembangan terdiri dari tiga tahap yaitu : (1) research (studi pendahuluan), (2) development (pengembangan), dan (3) research (uji efektivitas produk). Metode Analisis data pada penelitian ini yaitu pengujian validitas instrumen penilaian ini dilakukan melalui uji validitas (uji ahli/pakar) dan reliabilitas expert. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa validitas dan reliabilitas instrumen dikategorkan sangat baik. Hasil dari uji validitas ditunjukan dengan skor 0,88. Sedangkan untuk hasil dari uji reliabilitas ditunjukan dengan skor 0,79. Penelitian ini diharapkan bisa digunakan sebagai acuan guru dalam proses pembelajaran untuk anak kelompok B Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 2 Singaraja dalam membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: instrumen, kemampuan membaca permulaan anak usia dini, validitas, reliabilitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: KADEK WIWIN PRATIWI
Date Deposited: 25 Jul 2021 18:37
Last Modified: 25 Jul 2021 18:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7432

Actions (login required)

View Item View Item