Pratiwi, Kadek Harmoni (2021) Hubungan Antara Kepercayaan Diri dan Kemampuan Metakognitif Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Baturiti. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713021035-COVER.pdf Download (557kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713021035-ABSTRAK.pdf Download (34kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713021035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (128kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713021035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713021035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713021035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713021035-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713021035-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713021035-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang masalah rendahnya prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Baturiti. Tujuannya adalah 1) mendeskripsikan hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar fisika siswa; 2) mendeskripsikan hubungan antara kemampuan metakognitif terhadap prestasi belajar fisika siswa; 3) mendeskripsikan kepercayaan diri dan kemampuan metakognitif terhadap prestasi belajar fisika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan desain ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Baturiti yang berjumlah 155 orang. Sampel penelitian berjumlah 110 siswa diambil dengan tehnik proportional random sampling. Data kepercayaan diri dan kemampuan metakognitif dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, sedangkan data prestasi belajar menggunakan tes esai. Nilai koefisien reliabilitas pada kuesioner kepercayaan diri dan kemampuan metakognitif masing-masing sebesar 0,839 dan 0,776, dengan koefisien reliabilitas tes prestasi belajar fisika sebesar 0,773. Data dianalisis dengan statistik deskrptif, uji asumsi, uji regresi linier sederhana, uji regresi linier berganda, dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan: kepercayaan diri berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 17,57 dengan menggunakan skala lima dan standar deviasi 4,674; kemampuan metakognitif berada pada kategori sangat tinggi dengan skor rata-rat 18,69 dengan menggunakan skala lima dan standar deviasi 4,645; dan prestasi belajar fisika berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata 62,65 dengan menggunakan skala seratus dan standar deviasi 13,267. Simpulan dalam penelitian ini adalah: 1) terdapat hubungan positif antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar fisika siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,109 dan sumbangan efektif sebesar 7,04%, 2) terdapat hubungan positif antara kemampuan metakognitif dengan prestasi belajar fisika siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,233 dan sumbangan efektif sebesar 6,27%, dan 3) terdapat hubungan positif secara sama-sama antara kepercayaan diri dan kemampuan metakognitif dengan prestasi belajar fisika siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,287 dan sumbangan efektif sebesar 13,32%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepercayaan diri, kemampuan metakognitif, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Kadek Harmoni Pratiwi |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 17:02 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 17:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7553 |
Actions (login required)
View Item |