KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI SE-KECAMATAN KUTA

Setyawati, Ni Putu Aris (2021) KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI SE-KECAMATAN KUTA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713021042-COVER.pdf

Download (645kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713021042-ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713021042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (326kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713021042-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713021042-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713021042-BAB 4 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713021042-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713021042-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713021042-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Prestasi belajar fisika siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu, kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis (1) kontribusi kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri se-kecamatan Kuta, (2) kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri se- Kecamatan Kuta, dan 3) kontribusi kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri se-kecamatan Kuta. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan desain penelitian ex-post-facto. Populasi pada penelitian ini berjumlah 476 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 249 yang diambil dengan menggunakan teknik propotional random sampling. Pengumpulan data kecerdasan emosional dan motivasi belajar menggunakan kuesioner, sedangkan pengambilan data tes prestasi belajar fisika dengan menggunakan tes esai. Nilai koefisien reliabilitas kuesioner kecerdasan emosional dan motivasi belajar masing-masing sebesar 0,827 dan 0,880, sedangkan tes prestasi belajar fisika siswa sebesar 0,786. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lima tahap yaitu analisis statistik deskriptif, uji asumsi, uji regresi linier satu prediktor, uji regresi ganda dua prediktor, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat kontribusi positif antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar fisika dengan sumbangan efektif sebesar 3,98%, 2) terdapat kontribusi positif antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika dengan sumbangan efektif sebesar 5,31%, dan 3) terdapat kontribusi positif antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika dengan sumbangan efektif sebesar 9,29%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, motivasi belajar, prestasi belajar fisika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: NI PUTU ARIS SETYAWATI
Date Deposited: 26 Jul 2021 14:53
Last Modified: 26 Jul 2021 14:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7729

Actions (login required)

View Item View Item