Paramitha, A. A. Reni (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929041013-COVER.pdf Download (625kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929041013-ABSTRAK.pdf Download (278kB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
1929041013-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (312kB) |
|
Text (BAB 2 Kajian Teori)
1929041013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 Metodelogi penelitian)
1929041013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 Hasil dan Pembahasan)
1929041013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (742kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 Penutup)
1929041013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929041013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929041013-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian PengembanganInstrumen Kuisioner Motivasi Belajar dan Berpikir Kritisuntuk Siswa kelas IV SD. : 1) Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen motivasi belajar siswa kelas IV SD. 2) Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen berpikir kritis siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan 4-Dyang terdiri dari empat tahap utama yaitu define, design, development,dan disseminate. Pada penelitian pengembangan ini metode pengumpulan data menggunakan metode non tes. Metode non tes dengan menggunakan teknik kuesioner atau angket. Dalam penelitian PengembanganInstrumen Kuisioner Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis IPA untuk Siswa kelas IV SD ini dilakukan sampai tahap disseminate. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Validitas instrumen motivasi belajar siswa kelas IV SD di ukur dengan menggunakan SPSS. Hasil validasi instrumen kuisioner motivasi belajar siswa berada pada kategori 100% “Valid” dengan jumlah butir pertanyaan yang sangat signifikan sebanyak 30 soal. 2)Validitas instrumen berpikir kritis siswa kelas IV SD di ukur dengan menggunakan SPSS. Hasil validasi instrumen kuisioner berpikir kritis siswa berada pada kategori 96.6% “Valid” dengan jumlah butir pertanyaan yang sangat signifikan sebanyak 29 soaldan 1 soal tidak valid 3) Reliabilitas instrumen motivasi belajar siswa kelas IV SD di analisis dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas instrumen kuisioner motivasi belajar berada pada kategori “Sangat Tinggi” dengan nilai Alpha Cronbach adalah 0,99 4) Reliabilitas instrumen berpikir kritis siswa kelas IV SD di analisis dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas instrumen kuisioner berpikir kritis berada pada kategori “Sangat Tinggi” dengan nilai Alpha Cronbach adalah 0,97.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Berpikir Kritis, Instrumen |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | A.A Reni Paramitha |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 06:54 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 06:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8718 |
Actions (login required)
View Item |