Budiman, Aprilio (2021) PROFIL KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMP NEGERI SE-KECAMATAN CIGUDEG KABUPATEN BOGOR PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613071038-COVER.pdf Download (984kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613071038-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613071038-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (473kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613071038-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (676kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613071038-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (927kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (747kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613071038-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071038-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (409kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613071038-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan profil kemampuan literasi sains dan faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan literasi sains siswa kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Cigudeg. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah 219 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling dari jumlah populasi sebanyak 510 siswa, dan 3 guru IPA kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Cigudeg. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan literasi sains dan faktor-faktor yang memengaruhi kemampuan literasi sains pada mata pelajaran IPA materi suhu dan kalor. Data dikumpulkan dengan teknik tes, kuesioner dan wawancara. Data dianalisis menggunakan satistik deskriptif untuk mengetahui profil kemampuan literasi sains siswa, sedangkan analisis data faktor yang memengaruhi kemampuan literasi sains siswa dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tingkat kemampuan literasi sains siswa berkisar antara kategori sedang sampai dengan sangat rendah. Tingkat kemampuan literasi sains yang terkategori sedang sebesar 10,11%, rendah sebesar 12,96% dan sangat rendah sebesar 76,00%; (2) Kemampuan literasi sains siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal kemampuan literasi sains siswa yang lebih besar memengaruhi adalah kebiasaan belajar. Faktor eksternal kemampuan literasi sains siswa yang lebih besar memengaruhi adalah faktor lingkungan keluarga. Kata Kunci: literasi sains, faktor literasi sains, mata pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: literasi sains, faktor literasi sains, mata pelajaran IPA. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | APRILIO BUDIMAN |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 06:53 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 06:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8873 |
Actions (login required)
View Item |