STUDI KASUS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR BIOLOGI SECARA DARING SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BANGLI

Agustini, Putu Ayu Cintya (2022) STUDI KASUS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR BIOLOGI SECARA DARING SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 BANGLI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713041054-COVER.pdf

Download (830kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713041054-ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713041054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713041054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713041054-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713041054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713041054-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713041054-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713041054-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) kesulitan belajar biologi secara daring pada siswa kelas XI MIPA, dan (2) dominansi faktor kesulitan belajar biologi secara daring pada siswa kelas XI MIPA. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel sampel yang digunakan penelitian ini sebanyak 48 orang, yaitu masing-masing 12 orang siswa dari kelas XI MIPA 1 hingga XI MIPA 4. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner kesulitan belajar biologi secara daring. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) siswa mengalami kesulitan belajar biologi secara daring sebesar 74% kategori sedang, adapun faktor yang menimbulkan kesulitan belajar meliputi, faktor kesehatan kategori berat (57%), faktor intelegensi kategori sedang (76%), faktor minat kategori sedang (75%), faktor motivasi kategori sedang (76%), faktor proses pembelajaran kategori sedang (69%), faktor alat pelajaran kategori sedang (79%), faktor keluarga kategori ringan (83%), faktor pemerintah dan sekolah kategori sedang (78%), (2) dominansi yang menimbulkan kesulitan belajar biologi secara daring yakni pada faktor kesehatan yang ditinjau dari indikator kesehatan mata sebesar 39% kategori sangat berat, dan faktor proses belajar yang ditinjau dari indikator bahan ajar sebesar 51% kategori berat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI MIPA mengalami kesulitan belajar sedang karena faktor internal pada indikator kesehatan mata dan faktor eksternal pada bahan ajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Mata Pelajaran Biologi, Pembelajaran Daring
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Putu Ayu Cintya Agustini
Date Deposited: 24 Feb 2022 01:21
Last Modified: 24 Feb 2022 01:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10500

Actions (login required)

View Item View Item