Priyanti, Ni Putu Riska Andriani (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA SISWA KELAS V SD NEGERI 19 DAUH PURI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031110-COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031110-ABSTRAK.pdf Download (305kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031110-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (504kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031110-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031110-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (850kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031110-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031110-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031110-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (485kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031110-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan di lapangan yaitu kurangnya lembar kerja peserta didik untuk pembelajaran daring yang berakibat LKPD yang diberikan oleh guru kurang maksimal sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep materi sistem pencernaan manusia pada muatan IPA. Dalam pengerjaan LKPD peserta didik lambat mendapatkan umpan balik dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan LKPD interaktif berbasis problem based learning dan (2) mendeskripsikan kelayakan LKPD interaktif berbasis problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket/kuesioner dilengkapi wawancara dan observasi kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian pengembangan LKPD menunjukkan dalam uji kelayakan oleh ahli isi pembelajaran memperoleh persentase sebesar 98,2% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik dan ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 91,2% dengan kualifikasi sangat baik. Selanjutnya dalam uji coba produk menunjukkan pada uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 97,67% dengan kualifikasi sangat baik dan uji kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 95,33% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD interaktif yang dikembangkan sangat baik dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD Interaktif, Problem Based Learning, Sistem Pencernaan Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Riska Andriani Priyanti |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 04:04 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 04:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10679 |
Actions (login required)
View Item |