Widari, Ni Made Putri Ayu (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-KOMIK BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MUATAN IPA MATERI SIKLUS HIDUP HEWAN SISWA KELAS IV SD NOMOR 1 DARMASABA TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031311-COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031311-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031311-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (426kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031311-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (683kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031311-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (796kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031311-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031311-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031311-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (511kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031311-LAMPIRAN.pdf Download (17MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan dilaksanakan berdasarkan hasil analisis kebutuhan media pembelajaran yaitu kurangnya media pembelajaran yang bervariasi dan bersifat menoton. Hal tersebut mengakibatkan siswa cenderung bosan, kurang aktif dan sulit memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-komik berbasis pendekatan konstruktivisme pada muatan IPA materi siklus hidup hewan kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji produk dilakukan oleh para ahli dan siswa yang meliputi: ahli isi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) rancang bangun media pembelajaran e-komik berbasis konstruktivisme mengacu pada model ADDIE dengan mengembangkan komponen media yang meliputi teks, gambar dan percakapan antar tokoh. (2) media pembelajaran e-komik berbasis kontruktivisme dinyatakan layak digunakan berdasarkan hasil uji kelayakan produk oleh ahli isi memperoleh persentase sebesar 97,91%, ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90,62%, ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 90%, uji coba perorangan memperoleh persentase sebesar 94,66% dan uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 95,33%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan berkualifikasi sangat baik sehingga media pembelajaran e-komik berbasis pendekatan konstruktivisme layak digunakan dalam proses pembelajaran pada muatan IPA materi siklus hidup hewan untuk siswa kelas IV SD Nomor 1 Darmasaba Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, E-Komik, Konstruktivisme, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Putri Ayu Widari |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 04:16 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 04:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10681 |
Actions (login required)
View Item |