PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS KARAKTER PEDULI SOSIAL PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA MUATAN IPS SISWA KELAS IV SD NO. 1 MENGWI KABUPATEN BADUNG

Viranthi, Luh Putu Ayu (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS KARAKTER PEDULI SOSIAL PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA MUATAN IPS SISWA KELAS IV SD NO. 1 MENGWI KABUPATEN BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031096-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031096-ABSTRAK.pdf

Download (327kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031096-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (498kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031096-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031096-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031096-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031096-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031096-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (539kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031096-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini didasari atas belum tersedianya instrumen penilaian terhadap karakter peduli sosial siswa yang mengakibatkan penilaian yang dilaksanakan oleh guru hanya melalui pengamatan tanpa mengacu pada instrumen yang valid. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan instrumen penilaian berbasis karakter peduli sosial pada materi keragaman budaya muatan IPS siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang menerapkan desain ADDIE. Metode yang digunakan yaitu metode kuesioner, wawancara tidak terstruktur dan observasi. Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yang dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa (1) hasil rancang bangun pengembangan instrumen penilaian berbasis karakter peduli sosial meliputi cover, kisi-kisi, petunjuk penggunaan instrumen, lembar kuesioner, pedoman penilaian, tabel perekapan penilaian dan daftar pustaka. (2) Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa instrumen penilaian berbasis karakter peduli sosial layak berdasarkan: (a) hasil review ahli isi pembelajaran memperoleh persentase 76,7% dengan kualifikasi baik, (b) hasil review ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 94% dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil uji validitas isi instrumen oleh dua ahli isi pembelajaran memperoleh koefisien validitas 1,00 memiliki kriteria validitas sangat tinggi, hasil uji validitas instrumen pada siswa memperoleh 30 (100%) butir instrumen dengan kriteria valid, (d) hasil uji reliabilitas instrumen penilaian dengan nilai α = 0,954 memiliki reliabilitas sangat tinggi, (e) hasil uji coba perorangan memperoleh persentase 92% dengan kualifikasi sangat baik, (f) hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 92,67% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan uji kelayakan tersebut instrumen penilaian berbasis karakter peduli sosial valid, reliabel dan layak digunakan pada penilaian pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, instrumen penilaian, karakter peduli sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Luh Putu Ayu Viranthi
Date Deposited: 13 Jun 2022 04:33
Last Modified: 13 Jun 2022 04:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10688

Actions (login required)

View Item View Item