Prashanti, Ni Nyoman Sathya Prema (2022) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBANTUAN QR CODE PADA TEMA 8 SUBTEMA 4 KELAS II SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031018- COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031018-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (347kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (868kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (880kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (432kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031018-LAMPIRAN.pdf Download (25MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pop-up book berbantuan QR Code pada tema 8 subtema 4 kelas II sekolah dasar yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dalam proses pengembangan. Model ADDIE terdiri dari beberapa tahap yaitu: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Namun, dalam penelitian pengembangan ini hanya sampai pada tahap pengembangan saja dikarenakan terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan waktu dan situasi. Subjek penelitian ini yaitu media pop-up book berbantuan QR Code pada tema 8 subtema 4 dan objeknya yaitu validitas media pop-up book yang dikembangkan. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian terhadap enam dosen ahli, dua guru dan sepuluh siswa kelas II sekolah dasar. Instrumen yang digunakan dalam mengukur tingkat validitas dan kepraktisan media yang telah dirancang adalah rating scale berupa lembar penilaian dari para ahli. Data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus mean atau rata-rata untuk mengetahui validitas dan kepraktisan media pop-up book. Nilai rata-rata validitas media pop-up book yang diperoleh yaitu 4.99 dengan kualifikasi sangat baik. Dan hasil analisis kepraktisan, rata-rata kepraktisan media pop-up book yaitu 4.73 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat dikatakan bahwa media pop-up book berbantuan QR Code pada tema 8 subtema 4 valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran kelas II sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pop-up book, QR code, tema 8 subtema 4 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Sathya Prema Prashanti |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 06:19 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 06:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10741 |
Actions (login required)
View Item |