Sukmadewi, Luh Putu Maylin (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MUATAN IPA MATERI CIRI-CIRI TUMBUHAN BERDASARKAN HABITATNYA KELAS VI SD NO. 3 KEROBOKAN KAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031080-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031080-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031080-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (430kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031080-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (978kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031080-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (677kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031080-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031080-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031080-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (478kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031080-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis kontekstual pada muatan IPA materi ciri-ciri tumbuhan berdasarkan habitatnya kelas VI SD No. 3 Kerobokan Kaja dan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran audio visual berbasis kontekstual pada muatan IPA materi ciri-ciri tumbuhan berdasarkan habitatnya kelas VI SD No. 3 Kerobokan Kaja. Subjek penelitian ini yaitu ahli materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan 12 orang siswa kelas VI SD No. 3 Kerobokan Kaja. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode non tes dengan teknik wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa (1) rancang bangun media pembelajaran audio visual berbasis kontekstual melalui beberapa tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. (2) Media pembelajaran audio visual berbasis kontekstual dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian ahli materi pembelajaran sebesar 91,66%, hasil penilaian ahli desain pembelajaran sebesar 93,75%, hasil penilaian ahli media pembelajaran sebesar 93,33%, hasil penilaian siswa melalui uji coba perorangan sebesar 96,52%, dan hasil penilaian siswa melalui uji coba kelompok kecil sebesar 97,90%, yang secara keseluruhan persentase skor menunjukkan kualifikasi sangat baik sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis kontekstual pada muatan IPA materi ciri-ciri tumbuhan berdasarkan habitatnya kelas VI sekolah dasar layak digunakan pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, audio visual, kontekstual. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Putu Maylin Sukmadewi |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 02:09 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 02:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10766 |
Actions (login required)
View Item |