Arsini, Kadek Ria (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KATA DAN KARTU GAMBAR PADA MATERI KOSAKATA MUATAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SD NEGERI 4 GUBUG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031177-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031177-ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031177-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (572kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031177-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031177-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (715kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031177-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031177-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031177-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (480kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031177-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun media kartu kata dan kartu gambar pada materi kosakata bahasa Indonesia siswa kelas II SD Negeri 4 Gubug dan untuk mengetahui kelayakan dari media kartu kata dan kartu gambar pada materi kosakata bahasa Indonesia siswa kelas II SD Negeri 4 Gubug. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahapan, yaitu analisi, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Dalam penelitian menggunakan metode pengumpulan data berupa angket atau kuisioner, wawancara serta observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh berupa rancang bangun media kartu kata dan kartu gambar yang tahap pengembangannya menggunakan tahapan analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Kelayakan media kartu kata dan kartu gambar diperoleh melalui penilaian yang dilakukan oleh para ahli, pada hasil penilaian ahli isi pembelajaran memperoleh persentase 92,5%, pada hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 89,75%, dan pada hasil penilaian media pembelajaran memperoleh hasil persentase 87,5%, hasil penilaian uji coba perorangan dengan tiga orang siswa memperoleh persentase 90%, dan hasil penilaian uji coba kelompok kecil dengan Sembilan orang siswa memperoleh persentase 92,77%. Berdasarkan hasil uji para ahli dan siswa, maka dapat disimpulkan bahwa media kartu kata dan kartu gambar yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada materi kosakata bahasa Indonesia untuk siswa kelas II di SD Negeri 4 Gubug.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Kartu Kata dan Kartu Gambar, Kosakata, Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Ria Arsini |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 02:21 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 02:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10769 |
Actions (login required)
View Item |