Laksana, I Komang Ngurah Jaya (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PAKSA BALI PADA MUATAN BAHASA BALI MATERI PENGENALAN AKSARA BALI KELAS III SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031132-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031132-ABSTRAK.pdf Download (107kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031132-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (163kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031132-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031132-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031132-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031132-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031132-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031132-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kurangnya pemahaman peserta didik terkait pelajaran Bahasa Bali disebabkan karena bahan ajar yang terbatas media pembelajaran yang kurang variatif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif dan layak digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan review para ahli dan uji coba. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (R & D) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas III SDN 3 Ubung yang berjumlah 27 orang siswa dan seorang guru pengampu mata pelajaran Bahasa Bali. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Kelayakan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan melalui penilaian ahli isi, ahli media, ahli desain pembelajaran, serta review uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Analisis data yang digunakan penelitian ini, yakni teknik analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif, dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran “Paksa Bali” berdasarkan uji validasi dari hasil perhitungan uji ahli isi materi, uji ahli desain, uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif ‘Paksa Bali’ layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Bali serta adanya pengembangan media yang lebih variatif guna meningkatkan pemahaman peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Bahasa Bali, ADDIE, Research and Development |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) T Technology > T Technology (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Komang Ngurah Jaya Laksana |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 02:29 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 02:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10819 |
Actions (login required)
View Item |