Widiadnyani, Kadek (2022) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 6 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811011040-COVER.pdf Download (343kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811011040-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811011040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (109kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811011040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811011040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811011040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811011040-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011040-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811011040-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji ke efektifitas buku panduan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa SMP Negeri 6 Singaraja. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan menggunkan prosedur pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Penelitian ini melibatkan 3 orang ahli dan 2 orang praktisi di bidang bimbingan dan konseling yang bertugas untuk menguji keterterimaan panduan. Data penelitian dikumpulkan dengan kuesioner yang dianalisis dengan formula Content Validity Ratio (CVR) Content Validity Indeks (CVI), product moment,cronbach alfa dan t- test. Hasil analisis CVR menunjukkan seluruh pernyataan item kuesioner diterima dan memproleh nilai CVI sebesar 1 dengan kategori sangat baik, dengan demikian panduan bimbingan kelompok dengan teknik self management telah memenuhi ketentuan keterterimaan. Uji efektifitas panduan dilaksanakan kepada 10 orang siswa kelas VII SMP Negeri 6 Singaraja dengan menggunakan desain eksperimen kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil uji reliabilitas instrument menunjukkan nilai 0,967 reliabilitas sangat tinggi, dan hasil uji coba koefisien cronbach alfa didapatkan hasil 0,932 berarti sangat reliabel atau sangat kuat, dan hasil uji t-test menunjukkan nilai signifikasi 0,008, yang berarti implementasi panduan bimbingan kelompok dengan teknik self management efektif untuk meningkatkan kedisiplinanbelajar siswa SMP Negeri 6 Singaraja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplinan Belajar, Bimbingan Kelompok, Teknik Self Management |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Kadek Widiadnyani |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 01:02 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 01:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/10867 |
Actions (login required)
View Item |