Indriyani, Mia (2022) Pengembangan Buku Panduan Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Mereduksi Perilaku Ketidakjujuran Akademik Pada Siswa SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811011050-COVER.pdf Download (365kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811011050-ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811011050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811011050-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811011050- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811011050-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (837kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811011050-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011050-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811011050-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Produk yang dikembangkan dalam penelitian pengembangan ini adalah buku panduan konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk mereduksi perilaku ketidakjujuran akademik pada siswa smp. Buku panduan konseling ini digunakan sebagai pedoman guru BK dalam memberikan layanan konseling di sekolah. Prosedur penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan 4D (four D) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Define (Pendefinisan), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Penilaian buku panduan ini melibatkan 5 orang ahli BK sebagai judges. Hasil analisis data dalam pelaksanaan uji validitas isi produk dengan indikator kegunaan (utility), kelayakan (feasibility), dan ketepatan (accuracy) didapatkan hasil CVR =22 dan CVI = 1 (sangat sesuai). Hasil uji efektivitas buku panduan konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) peneliti melibatkan 16 siswa Kelas VIII G di SMP Negeri 1 Tegaldlimo sebagai sampel uji coba terbatas dengan mengunakan metode one group pretest posttest design. Hasil dari uji efektifitas didapatkan hasil bahwa t_hitung = 16,971 > t_tabel = 2,120, hasil ini menyatakan bahwa pengembangan buku panduan konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) efektif untuk mereduksi perilaku ketidakjujuran akademik (academic dishonesty) pada siswa smp. Adapun perhitungan effect size diperoleh sebesar 4,07, mengacu pada tabel kriteria effect size maka dapat disimpulkan bahwa uji tersebut mempunyai efektivitas tinggi Guru bk direkomendasikan untuk menggunakan buku panduan konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), karena karena buku panduan ini berisi informasi dan petunjuk pelaksanaan layanan konseling rebt dilengkapi dengan lampiran pada setiap pertemuan sehingga memudahkan guru BK memberikan layanan untuk mereduksi perilaku ketidakjujuran akademik siswa di sekolah menegah pertama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Panduan, Konseling Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), Ketidakjujuran Akademik, 4D |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Mia Indriyani |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 04:57 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 04:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11085 |
Actions (login required)
View Item |