Antara, I Gede Wahyu Suwela (2022) PENGEMBANGAN MEDIA E-SCRAPBOOK PADA MATERI PEMBELAJARAN IPA BERMUATAN SOAL-SOAL HOTS UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029041009-COVER.pdf Download (279kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029041009-ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029041009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (164kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029041009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029041009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029041009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (923kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029041009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029041009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029041009-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-Scrapbook Bermuatan Soal-Soal Berbasis HOTS pada muatan pelajaran IPA untuk kelas IV Sekolah Dasar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa kuesioner dan tes hasil belajar. Data validitas media bersumber dari 2 orang ahli media pembelajaran, 2 orang ahli asesmen pembelajaran, dan 2 orang ahli konten pembelajaran IPA SD. Data kepraktisan media bersumber dari 2 orang praktisi pembelajaran di sekolah dasar, dan 3 siswa untuk uji coba perorangan, dan 6 siswa untuk uji coba kelompok kecil. Pengujian efektivitas dilakukan dengan menggunakan desain one group pretest-posttest pada 30 orang siswa kelas IV. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran E-Scrapbook Bermuatan Soal-Soal Berbasis HOTS pada muatan pelajaran IPA untuk kelas IV Sekolah Dasar dinyatakan (1) valid ditinjau dari aspek media pembelajaran, konten pembelajaran IPA SD, dan asesmen pembelajaran; (2) praktis ditinjau dari perspektif praktisi (guru) dan peserta didik; (3) efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran E-Scrapbook Bermuatan Soal-Soal Berbasis HOTS pada muatan pelajaran IPA untuk kelas IV Sekolah Dasar yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, E-Scrapbook, HOTS, IPA, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Gede Wahyu Suwela Antara |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 08:26 |
Last Modified: | 15 Jul 2022 08:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11390 |
Actions (login required)
View Item |