Waruwu, Gita Sukma Larasati (2022) MUATAN LOKAL BUDAYA NIAS (ADAT LAFAU) SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN MULTIKULTUR DI SMA NEGERI 1 LAHEWA, KABUPATEN NIAS UTARA, SUMATERA UTARA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1814091017-COVER)
1814091017-COVER.pdf Download (490kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1814091017-ABSTRAK.pdf Download (156kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1814091017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (199kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1814091017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1814091017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1814091017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1814091017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1814091017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1814091017-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
MUATAN LOKAL BUDAYA NIAS (ADAT LAFAU) SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN MULTIKULTUR DI SMA NEGERI 1 LAHEWA, KABUPATEN NIAS UTARA, SUMATERA UTARA Gita Sukma Larasati Waruwu1, I Wayan Mudana 2, Ketut Sedana Arta 3 Jurusan Sejarah, Sosiologi, Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia e-mail: gitasukmalarasatiwaruwu@gmail.com1,wayan.mudana@undiksha.ac.id1, ketut.sedana@undiksha.ac.id2 Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi mata pelajaran seni budaya nias di SMA Negeri 1 Lahewa, Untuk mengetahui.peran seni pada pembelajaran Budaya Nias dalam menumbuhkan sikap multikultural di kalangan siswa, Untuk mengetahui tantangan di dalam mengimplementasikan pendidikan multikultur lewat pembelajaran Budaya Nias. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data penelitian yaitu Kepala Sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Guru budaya Nias, Guru Agama Islam dan kristen, Guru Sosiologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data verifikasi, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu dalam penerapan mata pelajaran budaya Nias memiliki proses dan strategi dalam penerapannya. Sehingga seni dalam mata pelajaran budaya Nias dapat dijadikan media pembentukkan sikap multikultur siswa melalui pendidikan dalam keluarga, aktivitas keagamaan di sekolah, masyarakat dan melalui pembentukkan sikap multikultur di sekolah. Dan hadirnya tantangan-tantangan dalam penerapan mata pelajaran budaya Nias sebagai media pendidikan multikultur di SMAN 1 Lahewa. Kata kunci: Budaya Nias, Seni, Pendidikan Multikultur
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Budaya Nias, Seni, Pendidikan Multikultur |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) |
Depositing User: | Gita Sukma Larasati Waruwu |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 07:13 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 07:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11699 |
Actions (login required)
View Item |