An Analysis of the Interpersonal Communication and Students' Motivation During Online Learning

Dewi, Putu Sukma (2022) An Analysis of the Interpersonal Communication and Students' Motivation During Online Learning. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021049-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021049-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021049-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (333kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021049-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021049-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021049-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi interpersonal antara guru dan siswa selama pembelajaran online dan motivasi belajar siswa berdasarkan komunikasi interpersonal yang dibangun oleh guru. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan tiga teknik yaitu observasi, wawancara, dan survei. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas sembilan SMPN 6 Singaraja dan seorang guru bahasa Inggris. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa pola komunikasi interpersonal siswa kelas IX SMPN 6 Singaraja cenderung menunjukkan pola komunikasi dua arah. Namun, peneliti juga menemukan sedikit indikasi yang mengarah pada komunikasi satu arah dan multi arah. Selanjutnya berdasarkan hasil angket ditemukan bahwa guru kurang menyadari bahwa komunikasi interpersonal kurang optimal dan motivasi siswa selama pembelajaran online juga menurun. Dengan demikian, pola komunikasi yang dilakukan guru selama pembelajaran online cenderung komunikasi dua arah. Selain itu, komunikasi interpersonal yang terjadi antara guru dan siswa selama pembelajaran online kurang maksimal dan motivasi belajar siswa menurun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: komunikasi interpersonal, motivasi belajar siswa, pembelajaran online
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Putu Sukma Dewi
Date Deposited: 21 Jul 2022 00:33
Last Modified: 21 Jul 2022 00:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11795

Actions (login required)

View Item View Item