PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Muhlisoh, Viqi Izzatul (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031323-COVER.pdf

Download (754kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031323-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031323-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (155kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031323-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031323-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031323-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031323-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031323-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031323-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kurangnya penggunaan alat peraga yang menimbulkan kebosanan dan mengurangi aktivitas siswa selama pembela jaran, serta kurangnya inovasi, juga menjadi kendala dalam pengembangan alat peraga yang layak dan baik digunakan di sekolah dasar sesuai dengan karakteristiknya. murid. Peneliti dapat menemukan solusi dengan studi berjudul "Mengembangkan video instruksional untuk meningkatkan kemampuan membaca di kelas satu Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang menggunakan model penelitian ADDIE. Pengujian produk juga dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli desain, serta evaluasi produk oleh guru dan siswa. Dalam penelitian pengembangan perangkat video pendidikan digunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskripsi kuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian ini, persentase ahli materi secara keseluruhan adalah 91%, berkualifikasi sangat baik, dan persentase ahli media secara keseluruhan adalah 89%. Nah, tingkat kelulusan keseluruhan untuk ahli desain adalah 90,5% dengan kualifikasi yang sangat baik, dan tingkat kelulusan tes kecakapan secara keseluruhan adalah 97% dengan kualifikasi yang sangat baik. Sedangkan nilai tes respon siswa secara keseluruhan adalah 95,6% dengan kualifikasi sangat tinggi. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa materi video pembelajaran membaca awal di kelas I SD dapat digunakan. dan tingkat respons keseluruhan untuk tes adalah 97% dengan kinerja yang sangat baik. Sedangkan hasil tes jawaban siswa secara keseluruhan sebesar 95,6% dengan kualifikasi sangat tinggi. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa materi Media Video Pembelajaran pada Kelas I Membaca Dini di Sekolah Dasar dapat digunakan. dan tingkat respons keseluruhan untuk tes adalah 97% dengan kinerja yang sangat baik. Sedangkan nilai tes respon siswa secara keseluruhan adalah 95,6% dengan kualifikasi sangat tinggi. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa materi Media Video Pembelajaran pada Kelas I Membaca Dini di Sekolah Dasar dapat digunakan. dan tingkat respons keseluruhan untuk tes adalah 97% dengan kinerja yang sangat baik. Sedangkan nilai tes respon siswa secara keseluruhan adalah 95,6% dengan kualifikasi sangat tinggi. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa materi video pembelajaran membaca awal untuk kelas I SD dapat digunakan. dan persentase keseluruhan tanggapan yang relevan terhadap tes adalah 97% dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan nilai tes respon siswa secara keseluruhan adalah 95,6% dengan kualifikasi sangat tinggi. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa materi Media Video Pembelajaran pada Kelas I Membaca Dini di Sekolah Dasar dapat digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media video pendidikan, membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Viqi Izzatul Muhlisoh
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:29
Last Modified: 20 Jul 2022 03:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11827

Actions (login required)

View Item View Item