DEWI, KOMANG DINDA AYU KRISTYANA (2022) Bali Eksperimental Teater: Kajian Proses Kreatif. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1812011016-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812011016-ABSTRAK.pdf Download (112kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812011016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (244kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812011016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812011016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812011016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (853kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812011016-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812011016-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812011016-LAMPIRAN.pdf Download (481kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kreatif yang dilakukan oleh Bali Eksperimental Teater (BET) dan relevansi proses kreatif Bali Eksperimental Teater terhadap pembelajaran drama. Untuk mencapai tujuan tesebut penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Bali Eksperimental Teater. Adapun objek penelitian adalah (1) proses kreatif yang dilakukan oleh Bali Eksperimental Teater dan (2) relevansi proses kreatif Bali Eksperimental Teater terhadap pembelajaran drama. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif melewati tahap: deskripsi data, identifikasi data, klasifikasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa proses kreatif BET melalui empat tahapan yaitu: (1) mempersiapkan naskah dan bagan pementasan, (2) memilih pemain atau aktor, (3) proses latihan, (4) membuat bentuk pementasan (perpaduan antara instalasi, gerak, dan suara, serta pemeristiwaan). Melihat KD yang terdapat dalam silabus pembelajaran drama di kelas XI Sekolah Menengah Pertama yaitu mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memperhatikan isi dan kebahasaan, proses kreatif yang dilakukan bersama BET membantu pencapaian KD dengan cara: (1) melatih para siswa bermain drama menggunakan teknik-teknik dasar bermain drama, (2) pelatihan dilakukan di luar jam sekolah sehingga siswa dapat lebih leluasa memanfaatkan waktu senggang dan pembelajaran drama dapat berjalan secara optimal, dan (3) berlatih drama di BET memberi manfaat positif pada siswa seperti pembentukan karakter dan sikap, tumbuhnya kreativitas, serta bertambahnya wawasan dalam seni teater.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses Kreatif, Drama, Pembelajaran Drama, Bali Eksperimental Teater |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Komang Dinda Ayu Kristyana Dewi |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 04:09 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 04:09 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12477 |
Actions (login required)
View Item |