Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Berorientasi Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Self Efficacy Siswa Pada Pelajaran IPS Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sekolah Dasar

Arisanti, Dewa Ayu Kade (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Berorientasi Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Self Efficacy Siswa Pada Pelajaran IPS Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029042031-COVER.pdf

Download (478kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029042031-ABSTRAK.pdf

Download (282kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029042031-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (389kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029042031-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029042031-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029042031-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029042031-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029042031-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029042031-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Arisanti, Dewa Ayu Kade (2022), Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl) Berorientasi Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Self Efficacy Siswa Pada Pelajaran IPS Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sekolah Dasar Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha Tesisi ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. I Nyoman Dantes dan Pembimbing II: Dr. I Nengah Suastika, S.Pd., M.Pd. Kata-kata Kunci: Pengembangan, Model Pembelajaran, Hasil Belajar dan Self Effcacy Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan yaitu: pembelajaran di kelas masih didominasi dengan penggunaan metode-metode konvensional, siswa tidak pernah terjun langsung ke lapangan, rasa percaya diri siswa kurang, siswa pasif dalam pembelajaran sehingga hasil belajarnya rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk berupa model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) berorientasi lingkungan. Jenis penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu: Pendefinisian (define), Perancangan (design), Pengembangan (develop), Penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan adalah angket/kuesioner dan tes pilihan ganda. Rancang bangun model ini yaitu dengan mengembangkan sintaks meliputi: orientasi, penggalian ide-ide kreatif, penyelidikan konstektual, elaborasi, penyajian hasil karya, evaluasi dan implementasi. Validitas konten memperoleh rerata skor yang berada pada rentang 4.9 dan dapat dikategorikan dalam kategori “sangat baik”. Kepraktisan model ini didapatkan rerata skor sebesar 4.6 sehingga model pembelajaran ini dapat dikategorikan “sangat praktis”. Efektivitas model pembelajaran berbasis masalah menunjukkan rata-rata sebesar 0.998 berada pada kategori “sangat tinggi”. Berdasarkan analisis data yang dilakukan terhadap model pembelajaran yang dikembangkan didapatkan skor rerata 4.9 berada pada kategori “sangat baik”. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran yang dikembangkan dengan masing-masing variabel terikat. Didapat nilai signifikannya 0,000, dimana 0,000 < 0,05 sesuai kriteria bahwa H0 (menolak) dan H1 (menerima) maka variabel bebas problem-based learning menunjukkan adanya pengaruh pada variabel terikat (hasil belajar IPS dan self-efficacy). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) layak digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Model Pembelajaran, Hasil Belajar dan Self Effcacy
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Dewa Ayu Kade Arisanti
Date Deposited: 22 Jul 2022 04:22
Last Modified: 22 Jul 2022 04:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12479

Actions (login required)

View Item View Item