Rahayu, Ni Kadek Linda Astiti (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI DI GUGUS V SUKAWATI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029021013-COVER.pdf Download (225kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029021013-ABSTRAK.pdf Download (113kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029021013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (175kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029021013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029021013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029021013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029021013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029021013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029021013-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Rahayu, Ni Kadek Linda Astiti (2022) Pengembangan Instrumen Higher Order Thinking Skill (Hots) Matematika Siswa Kelas IV Sd Negeri Di Gugus V Sukawati. Tesis, Penelitian Evaluasi Pendidikan, Program Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini telah siperiksa dan disetujui oleh pembimbing I : Dr. Ni Ketut Widiartini, M.Pd. dan pembimbing II : Dr. Dewa Gede Hendra Divayana, M.Kom. Kata kunci : Penelitian Pengembangan, Higher Order Thinking Skill Penelitian ini berfokus dan bertujuan guna untuk menghasilkan sebuah produk yakni kisi-kisi instrumen dan sebuah instrumen HOTS matematika pada kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model formatif evaluation. Penelitian ini dilakukan di SD Gugus V Sukawati yang menggunakan 30 responden sebagai small group dan 60 responden pada field test. kisi-kisi instrumen berbasis HOTS Matematika kelas IV SD memuat satu Kompetensi Dasar (KD) dan 4 pengembangan indikator yang dengan 1 indikator termasuk C4/K2, 2 indikator termasuk C5/K3 serta 1 indikator termasuk C6/K4. Kemudian untuk Instrumen yang dikembangkan pada penelitian ini adalah instrumen dengan jenis soal uraian yang dalam menentukan kalitas instrumen tersebut harus melalui beberapa analisis. Berdasarkan hasil uji pakar diperoleh nilai CVR = 1 maka dari itu instrumen ini memiliki validitas isi yang tinggi sementara itu pada uji one to one diperoleh nilai kepraktisan instrumen yakni 91% yang berkategori sangat praktis.Sementara itu kwalitas tes instrumen matematika berbasis HOTS jika dilihat dari hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukan bahwa kesepuluh instrumen tersebut berkategori valid serta memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi yakni 0,79. Sementara itu kwalitas tes jika dilihat dari pengujian uji daya beda menghasilkan 7 tes berkategori baik dan 3 tes berkategori cukup. Dan kwalitas tes melalui uji tingkat kesukaran mendapatkan hasil bahwa 3 soal berkategori mudah, 6 soal berkategori sedang dan 1 soal berkategori sulit serta pada analisis partial credit model diperoleh output yakni tahap 1 memiliki tingkat kesulitan tahap sebesar – 0,47 (tinggi) yang artinya individu dengan kemampuan dibawah 0,47 memiliki probabilitas untuk mendapatkan skor 0 sebaliknya jika diatas 0,47 memiliki probabilitas mendapat skor 1, kemudian pada tahap 2 memiliki tingkat kesulitan tahap sebesar 0,08 (tinggi) yang artinya untuk individu yang memiliki kemampuan dibawah 0,08 memiliki probabilitas untuk mendapatkan skor 1 sebaliknya jika jika diatas 0,08 maka memiliki probabilitas mendapatkan skor 2. Sementara itu untuk tahap 3 memiliki tingkat kesulitan tahap sebesar 0,39 (sedang) yang artinya individu dengan kemampuan dibawah 0,39 maka memiliki probabilitas untuk mendapatkan skor 2 tetapi jika diatas 0,39 maka memiliki probabilitas mendapatkan nilai maksimal yakni 3
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian Pengembangan, Higher Order Thinking Skill |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Ni Kadek Linda Astiti Rahayu |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 23:20 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 23:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12695 |
Actions (login required)
View Item |