Usemahu, Annisa Rizkika (2022) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN TEORI KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN SELF AFILIASI PADA SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811011035-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811011035-ABSTRAK.pdf Download (67kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811011035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (199kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811011035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811011035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811011035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811011035-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011035-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811011035-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kebeterterimaan buku panduan teori konseling behavioral dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan self afiliasi pada siswa SMP. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research&Development). Buku panduan yang dibuat ini merupakan instrumen bagi guru BK dalam menyelenggarakan layanan bimbingan konseling di sekolah. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974). Metode analisis data yang digunakan adalah Content Validity Ratio (CVR) dari Lawshe (1975) dimana melibatkan 5 ahli pakar/praktisi bimbingan konseling (BK) yang terdiri dari 3 dosen Bimbingan Konseling Undiksha dan 2 guru bimbingan konseling SMP, untuk menilai validitas isi (content) buku panduan. Untuk menguji keberterimaan buku panduan menggunakan 10 guru BK sebagai penilai. Untuk menguji efektivitas melibatkan 7 oang siswa sebagai subyek uji coba efektivitas panduan yang dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa buku panduan teori konseling behavioral dengan teknik sosiodrama memiliki validitas yang baik di setiap butir. Pengujian keberterimaan buku panduan menujukkan nilai 93,5 termasuk dalam katagori Sangat Baik. Uji efektivitas implementasi buku panduan teori konseling behavioral dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan self afiliasi pada siswa ditemukan thitung = 6.358 dengan taraf signifikansi < 0,05 dan nilai ES (efektivitas) = 2.416 yang termasuk dalam kategori ES tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Panduan, Konseling Behavioral, Teknik Sosiodrama, Self Afiliasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Annisa Rizkika Usemahu |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 02:05 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 02:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12842 |
Actions (login required)
View Item |