Putra, Anak Agung Ngurah Anditya (2022) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK PENGUATAN POSITIF UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM PADA SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811011054-COVER.pdf Download (888kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811011054-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811011054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (356kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811011054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (833kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811011054-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (626kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811011054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811011054-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011054-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (331kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811011054-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangka serta menguji keberterimaan panduan konseling Behavioral untuk meningkatkan Self Esteem pada siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D yang menggunakan prosedur pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Desseminate). Penelitian ini melibatkan 5 orang sebagai subjek peneliti diantaranya 3 orang dosen Bimbingan Konseling FIP Undiksha dan 2 orang Guru Bimbingan Konseling SMP Negeri 1 Sukasada. Berdasarkan perhitungan pakar didapatkan CVR (content validity ratio) mendapatkan hasil 25. Selanjutnya menghitung nilai CVI (Content Validity Index) berdasarkan perhitungan penilaian pakar didapatkan CVI sebesar 1 , nilai ini termasuk kedalam kategori Sangat Sesuai. Selanjutnya keefektifitasan buku panduan ini melibatkan melibatkan 7 orang siswa sebagai subjek. Dari 50 butir instrument yang digunakan untuk menilai validitas isi (CVI), dinyatakan buku panduan berlandaskan teori Konseling Behavioral Dengan Teknik Penguatan Positif Untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Siswa SMP memiliki validitas yang baik untuk setiap butirnya. Pengujian hipotesis ini menunjukan bahwa Pengembangan Buku Panduan Konseling Behavioral Dengan Teknik Penguatan Positif Untuk Meningkatkan Self Esteem Pada Siswa SMP Belajar dengan t-hitung 8,690 dengan taraf signifikansi 0,05 dan nilai ES = 3,285 yang termasuk kategori ES tergolong tinggi. Buku panduan yang telah dihasilkan ini dapat dijadikan sebagai instrument bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian eksperimen mengenai self esteem.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku panduan, behavioral, penguatan positif, self esteem |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Anak Agung Ngurah Anditya Putra |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 06:15 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 06:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12885 |
Actions (login required)
View Item |