PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PLATFORM GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP PGRI 7 DENPASAR

DARAYANTI, PUTU YUNI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PLATFORM GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP PGRI 7 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029091010-COVER_3.pdf

Download (675kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029091010-ABSTRAK.pdf

Download (271kB)
[img] Text (BAB I-PENDAHULUAN)
2029091010-BAB I-PENDAHULUAN.pdf

Download (350kB)
[img] Text (BAB II-KAJIAN TEORI)
2029091010-BAB II-KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III-METODELOGI PENELITIAN)
2029091010-BAB III-METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV-HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029091010-BAB IV-HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-PENUTUP)
2029091010-BAB V-PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029091010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (435kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029091010-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Abstrak Yuni Darayanti, Putu (2022), Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Platform Google Classroom Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP PGRI 7 Denpasar. Tesis, Sekolah Menengah Pertama, Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing 1: Prof. Dr. Drs. I Putu Sriartha, M.S. dan Pembimbing 2: Dr. Luh Indrayani, S.Pd., M.Pd. Kata-kata kunci: Google Classroom, Hasil Belajar Siswa, Inkuiri Terbimbing, Motivasi Belajar Siwa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis pengimplementasian Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Platform Google Classroom dalam pembelajaran IPS, (2) Menganalisis pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Platform Google Classroom terhadap Motivasi belajar siswa kelas VIII SMP PGRI 7 Denpasar, (3) Menganalisis pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Platform Google Classroom terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP PGRI 7 Denpasar, dan (4) Menganalisis pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Platform Google Classroom secara simultan terhadap Motivasi dan Hasil belajar siswa kelas VIII SMP PGRI 7 Denpasar. Berkenaan dengan itu, penelitian dirancang sebagai penelitian Eksperimen Semu (Quasi Eksperiment). Sampel penelitian terdiri dari Kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang ditentukan secara purposive random sampling dari populasi yang terdiri dari tiga (3) kelas setelah ketiga kelas dinyatakan setara. Data motivasi belajar dikumpulkan melalui angket dan data hasil belajar IPS dengan tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan teknik statistic MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Platform Google Classroom dapat diimplementasikan guru dalam pembelajaran IPS dengan kategori cukup signifikan, (2) Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Platform Google Classroom berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa SMP PGRI 7 Denpasar (0,000 < 0,05). (3) Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Platform Google Classroom berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMP PGRI 7 Denpasar (0,027 < 0,05). (4) Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan Platform Google Classroom berpengaruh secara simultan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMP PGRI 7 Denpasar (0,000 < 0,05). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Platform Google Classroom Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP PGRI 7 Denpasar, baik secara parsial maupun secara simultan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Google Classroom, Hasil Belajar Siswa, Inkuiri Terbimbing, Motivasi Belajar Siwa.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: Putu Yuni Darayanti
Date Deposited: 14 Oct 2022 07:00
Last Modified: 14 Oct 2022 07:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13017

Actions (login required)

View Item View Item