Artini, Ni Wayan Budi (2022) PENGEMBANGAN E- LKPD PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN SERTA EFEKTIVITAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN DENPASAR SELATAN. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
2029042023-COVER.pdf Download (470kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029042023-ABSTRAK.pdf Download (202kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029042023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (252kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029042023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (952kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029042023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (716kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029042023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029042023-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029042023-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029042023-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Pendidikan abad 21 yang mengintegrasikan antara kecakapan pengetahuan, keterampilan, dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi informasi dan komunikasi. Dalam pendidikan memerlukan dukungan komponen pembelajaran kurikulum, guru, peserta didik, metode, media, alat dan evaluasi. Bertolak dari latar belakang masalah maka pengembangan media sangat diperlukan untuk meningkatkan efektivitas dan motivasi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan karakteristik, mendiskripsikan dan menganalisa validitas, kepraktisan, serta tingkat keefektivan media e-LKPD untuk meningkatkan motivasi belajar. Pada pembelajaran tematik Subtema Manusia dan Lingkungan siswa kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara kecamatan Denpasar Selatan. Jenis adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan model 4D. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling yang berjumlah 60 siswa. Pengumpulan data, dengan instrument uji ahli, uji praktisi, uji terbatas, dan kuesioner motivasi belajar, teknik observasi, serta pre-test dan posttest. Teknik analisis data dengan metode analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif dan metode statistik inferensial. Hasil penelitian adalah produk media e-LKPD yang telah diuji ahli dan praktisi dari aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, dan aspek penyajian. Hasil uji produk e-LKPD dengan indek validitas isi kategori sangat baik. Uji efektivitas media e-LKPD yang diuji pada kelas kontrol dan eksperimen kategori cukup efektif dan secara signifikan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : pengembangan e-LKPD, efektivitas, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Wayan Budi Artini |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 07:00 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 07:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13037 |
Actions (login required)
View Item |