Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Platform Edmodo Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Taman Sastra Jimbaran

Bhaskara, Putu Esha Indhu (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Platform Edmodo Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Taman Sastra Jimbaran. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029091003-COVER.pdf

Download (471kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029091003-ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029091003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (342kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029091003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029091003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029091003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (963kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029091003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029091003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (468kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029091003-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning berbantuan Platform Edmodo terhadap motivasi belajar IPS siswa, (2) Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning berbantuan Platform Edmodo terhadap hasil belajar IPS siswa, (3) Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning berbantuan Platform Edmodo terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen Semu (Quasi Eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah Kelas VIII terbagi dalam tiga kelas yaitu kelas VIII A, VIII B dan VIII C, kemudian yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIII A dan VIII B yang ditentukan dengan teknik purposif random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, tes dan observasi. Uji hipotesis dilakukan dengan Manova. Hasil penelitian ini menunjukan (1) Model Pembelajaran Blended Learning berbantuan Platform Edmodo berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar IPS siswa dengan nilai signifikansi 0,000 atau lebih kecil dari 0,05. (2) Model Pembelajaran Blended Learning berbantuan Platform Edmodo berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa dengan nilai signifikansi 0,000 atau lebih kecil dari 0,05. (3) Model Pembelajaran Blended Learning berbantuan Platform Edmodo berpengaruh signifikan secara simultan terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa dengan nilai signifikansi 0,000 atau lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Platform Edmodo Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa SMP Taman Sastra Jimbaran, baik secara terpisah maupun secara simultan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Edmodo, Motivasi dan Hasil Belajar IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: Putu Esha Indhu Bhaskara
Date Deposited: 15 Oct 2022 01:01
Last Modified: 15 Oct 2022 01:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13084

Actions (login required)

View Item View Item