Novianti, Ni Made Dwigita (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF MULTIMEDIA BERBASIS LITERASI SAINS PADA MUATAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031168-COVER.pdf Download (509kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031168-ABSTRAK.pdf Download (300kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031168-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (432kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031168-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031168-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031168-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031168-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031168-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031168-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan prototpye dan menghasilkan produk yang telah diuji validitas dan kepraktisannya.. Penelitian pengembagan ini menggunakan model penelitian ADDIE meliputi (1) Analyze (Analisis), (2) Design (Perancangan), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), dan (5) Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah bahan ajar interaktif multimedia berbasis literasi sains dan objek penelitian ini adalah dua orang dosen sebagai ahli materi, dua orang dosen sebagai ahli media, dua orang guru sebagai praktisi, tiga orang siswa untuk uji coba perorangan siswa dan enam orang siswa untuk uji coba kelompok kecil siswa. Metode pengumpulan data penelitian pengembangan ini adalah metode kuesioner. Data dianalisis dengan rumus Mean untuk mendapatkan rata-rata skor validitas media. Hasil analisis data memperoleh rata-rata skor sebesar 3,80 dengan kualifikasi sangat baik. Rata-rata skor dari ahli media yaitu 3,88 dan ahli materi yaitu 3,66 dengan kualifikasi sangat baik. Sementara itu, kedua praktisi juga memberikan skor dengan rata-rata 3,75 dengan kualifikasi sangat baik. Pada uji coba perorangan rata-rata skor siswa yaitu 3,86 dengan kualifikasi sangat baik. Dan pada uji coba kelompok kecil memperoleh rata-rata skor 3,84 dengan kualifikasi sangat baik. Sehingga secara keseluruhan validitas Bahan ajar interaktif multimedia berbasis literasi sains telah dinyatakan valid dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian oleh 2 guru sekolah dasar menunjukan bahwa bahan ajar interaktif multimedia berbasis literasi sains mendapatkan hasil rata-rata keseluruhan uji kepraktisan pada guru dengan rentangan 3 ≥ X ≥ 2,5 menunjukan bahwa bahan ajar interaktif multimedia berbasis literasi sains mendapatkan hasil rata-rata sebesar 3,75 dengan kualifikasi sangat baik dan dinyatakan praktis digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, bahan ajar, interaktif, multimedia, literasi sains |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Dwigita Novianti |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 01:01 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 01:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13139 |
Actions (login required)
View Item |