., Tesalonika (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL ADDIE PADA MATA PELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS III SDN 1 BANJAR BALI KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811021025-COVER.pdf Download (289kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811021025-ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (110kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811021025-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811021025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811021025-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Belum adanya video pembelajaran dalam mata pelajaran tematik menjadi permasalahan utama dalam penelitian ini. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan tahap pengembangan media pembelajaran dalam mata pelajaran tematik, (2) mendeskripsikan kualitas hasil pengembangan media pembelajaran dalam mata pelajaran tematik. Subjek penelitian yaitu: 1 ahli mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji coba perorangan, dan 6 siswa untuk uji coba kelompok kecil. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation and evaluation). Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner/angket. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif, dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rancang bangun Media Video Pembelajaran tematik dengan menggunakan model ADDIE meliputi tahapan: (a) analyze, (b) design, (c) development, (d) implementation dan (e) evaluation. (2) video pembelajaran tematik dikatakan valid sesuai dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukan persentase 92,00% berada pada kategori sangat baik, (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan persentase 92,72% berada pada kategori sangat baik, (c) hasil review ahli media dengan persentase 90,77% berada pada kategori sangat baik, (d) hasil uji perorangan menunjukan persentase 91,00% berada pada kategori sangat baik, (e) hasil uji kelompok kecil menunjukan persentase 93,47% berada pada kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, ADDIE, Pengembangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Tesalonika |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 00:35 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 00:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13355 |
Actions (login required)
View Item |