Sanjiwani, Komang Inten (2022) STUDI KASUS KESULITAN MENULIS AWAL PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KENCANA KUMARA MAS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811061017-COVER.pdf Download (621kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811061017-ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811061017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (404kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811061017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811061017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811061017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811061017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811061017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (345kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811061017-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mendeskripsikan kesulitan yang dihadapi oleh KAS, KA dan AAL pada saat menulis awal. KAS, KA dan AAL adalah siswa kelas B di TK Kencana Kumara.Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus yang mengutamakan pengumpulan data dengan observasi dan wawancara dan dokumentasi. Subjek yang dipilih sebanyak tiga orang melalui pengamatan dan observasi dengan kriteria: (1) Anak kelompok B yang berusia 6 tahun , (2) mengalami kesulitan dalam menulis awal (3) mengalami keterlambatan perkembangan motorik, serta 3 orang tua siswa, guru serta kepala sekolah yang diwawancarai. Dari hasil penelitian, menunjukan bahwa KAS, KA dan AAL mengalami kesulitan menulis awal berupa kesulitan menyalin, menebalkan, menjiplak dan melengkapi huruf, kata, angka, gambar atau simbol; kesulitan memahami perintah; mewarnai dan mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi pada saat menulis. Kesulitan tersebut disebabkan karena belum berkembangnya motorik halus dengan optimal. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan kognitf, bahasa, sosial & emosional dan psikomotoriknya belum berkembang dengan optimal. Bentuk latihan yang telah diberikan oleh guru untuk mengembangkan kemampuan menulis awal KAS, KA dan AAL, seperti: memegang secara langsung tangan KAS, KA dan AAL, aktivitas menggunakan papan tulis; pemberian tugas tambahan untuk dikerjakan di rumah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru dapat merancang program khusus dan melakukan pembelajaran remediasi bagi anak yang belum mencapai ketuntasan belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menulis, Kesulitan Menulis Awal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Komang Inten Sanjiwani |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 01:05 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 01:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13386 |
Actions (login required)
View Item |