Dewi, Rossa Ratna Hapsari (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SELAMA PANDEMI COVID-19 DAN DAMPAKNYA TERHADAP PSIKOLOGI BAGI SISWA TUNARUNGU DI SMPLB NEGERI 1 KARANGASEM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011002-COVER.pdf Download (245kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011002-ABSTRAK.pdf Download (24kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (106kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011002-LAMPIRAN.pdf Download (697kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pembelajaran matematika selama pandemi Covid-19 ditinjau dari kebijakan sekolah, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang digunakan SMPLB Negeri 1 Karangasem serta (2) mendeskripsikan dampaknya terhadap psikologi bagi siswa tunarungu ditinjau dari aspek kecemasan dan motivasi belajar selama pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas VII, VIII, dan IX di SMPLB Negeri 1 Karangasem. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) SMPLB N 1 Karangasem mengambil kebijakan mengacu pada peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah tentang pembelajaran dalam kondisi khusus. (2) Guru menyusun perencanaan pembelajaran mengacu kebijakan pemerintah dengan batasan-batasan tertentu. (3) Saat pelaksanaan pembelajaran matematika, metode yang digunakan selama pandemi Covid-19 antara lain metode discovery learning, metode pemberian tugas, ceramah, tanya jawab. (3) Guru menggunakan berbagai strategi evaluasi formatif mau sumatif selama pandemi Covid-19, namun evaluasi formatif hanya dapat menilai aspek kognitif saja, hal ini ditandai dengan selama pandemi Covid-19 guru lebih sering memberikan tugas. (4) Implikasi pembelajaran matematika terhadap psikologi siswa tunarungu berdasarkan aspek kecemasan termasuk kategori sedang. (5) Implikasi pembelajaran matematika terhadap psikologi siswa tunarungu berdasarkan aspek motivasi belajar termasuk kategori baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran matematika, pandemi Covid-19, siswa tunarungu, kecemasan, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Rossa Ratna Hapsari Dewi |
Date Deposited: | 21 Oct 2022 02:22 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 02:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13486 |
Actions (login required)
View Item |