PENGEMBANGAN INSTRUMEN TRYOUT LITERASI BACA TULIS PISA LIKE UNTUK SEKOLAH DASAR

Parwati, Ni Ketut Yuda (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TRYOUT LITERASI BACA TULIS PISA LIKE UNTUK SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031187-COVER.pdf

Download (338kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031187-ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031187-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1811031187-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031187-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031187-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031187-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031187-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031187-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah 1) untuk menghasilkan rancang bangun produk instrumen penilaian Tryout literasi baca tulis PISA Like yang telah memenuhi validitas isi. 2) untuk menghasilkan instrumen Tryout literasi baca tulis PISA Like yang telah mendapatkan respon praktisi dan siswa. 3) untuk menghasilkan instrumen Tryout literasi baca tulis PISA Like yang sudah terbukti validitas, reliabilitas, daya beda, serta tingkat kesukaran butirnya. Metode pengembangan yang diaplikasikan adalah model penelitian pengembangan 4-D yang terdapat 4 langkah pengembangan meliputi define, design, develop dan disseminate. Subjek dari pengembangan ini yaitu validator, praktisi, dan siswa. Objek yang diteliti yaitu Tryout Baca Tulis PISA Like. Teknik pengumpulan data dan instrument penelitian ini berupa angket dengan pertanyaan tertutup dan observasi kuantitatif dengan rating scale. Penelitian ini menghasilkan produk yaitu instrumen tryout yang berbasis PISA Like. Instrumen tryout yang berbasis PISA Like memiliki koefisien validitas isi yaitu 1,00 sehingga produk dapat dinyatakan valid. Selain itu, instrumen yang dikembangkan memiliki persentase resspon praktisi sangat baik dengan persentase mencapai 96,56% dari respon guru atau prakrtisi serta respon dari siswa dengan persentase mencapai 97,61%. Seluruh butir soal pada instrumen tryout yang berbasis PISA Like yang dikembangkan memiliki koefisien yaitu rhitung > rtabel sehingga dapat dinyatakan valid. Memiliki hasil reliabilitas sebesar 0,727 maka dinyatakan seluruh butir soal dapat dinyatakan reliabel. Memiliki aspek daya pembeda soal yang telah memenuhi D ≥ 0,19 atau dinyatakan instrumen tes mempunyai kriteria daya pembeda yang baik. Serta memiliki indeks kesukaran 0% dengan kategori sukar, 10% dengan kriteria tingkat kesukaran sedang dan 90% dengan kriteria tingkat kesukaran mudah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Instrumen, Literasi Baca-Tulis, PISA Like
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Ketut Yuda Parwati
Date Deposited: 25 Jan 2023 12:04
Last Modified: 25 Jan 2023 12:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13692

Actions (login required)

View Item View Item