Rela, Ni Luh Cindy (2023) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS LITERASI MUATAN IPS MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGANNYA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SELAT KABUPATEN BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
This is the latest version of this item.
Text (COVER)
1911031305-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031305-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031305-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (545kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031305-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031305-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031305-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031305-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031305-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (575kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031305-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui rancang bangun pengembangan media pembelajaran Pop-Up Book berbasis literasi muatan IPS materi interaksi manusia dengan lingkungannya pada siswa kelas V SD Negeri 1 Selat, (2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran Pop-Up Book berbasis literasi muatan IPS materi interaksi manusia dengan lingkungannya pada siswa kelas V SD Negeri 1 Selat dan (3) untuk mengetahui efektivitas pengembangan media pembelajaran Pop-Up Book berbasis literasi muatan IPS materi interaksi manusia dengan lingkungannya pada siswa kelas V SD Negeri 1 Selat. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan model pengembangan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, angket dan tes objektif tipe pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan analisis statistika inferensial (uji-t). Hasil uji validitas menurut ahli isi mata pelajaran memperoleh skor 90,90% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh skor 92,50 dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran memperoleh skor 90,90% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan memperoleh skor 94,67% dengan kualifikasi sangat baik, uji kelompok kecil memperoleh skor 91,16 dengan kualifikasi sangat baik dan uji efektivitas dengan uji-t memperoleh thitung = 10,533 untuk dk =42 dan taraf signifikansi 5%, angka batas penolakan hipotesis nol (H0) pada tabel sebesar 2,018 berarti ada perberbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan Pop-Up Book. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media Pop-Up Book berbasis literasi efektif diterapkan pada muatan IPS materi interaksi manusia dengan lingkungannya siswa kelas V SD Negeri 1 Selat Kabupaten Badung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, literasi, IPS, Pop-Up Book |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Cindy Rela |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 00:39 |
Last Modified: | 14 Feb 2023 00:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13920 |
Available Versions of this Item
- PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS LITERASI MUATAN IPS MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGANNYA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SELAT KABUPATEN BADUNG. (deposited 14 Feb 2023 00:39) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |