ANALISIS KESULITAN MEMBACA DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA DI RUMAH PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS IV KUTA UTARA, KABUPATEN BADUNG

Emalasari, Ni Putu Ayu (2023) ANALISIS KESULITAN MEMBACA DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA DI RUMAH PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS IV KUTA UTARA, KABUPATEN BADUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031053-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031053-ABSTRAK.pdf

Download (243kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031053-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (637kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031053-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031053-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031053-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031053-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031053-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (690kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031053-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Membaca nyatanya menjadi permasalahan yang banyak ditemukan di sekolah dasar dikarenakan kesulitan yang dialaminya. Membaca tidak hanya diajarkan saat berada di sekolah, namun membaca perlu adanya perhatian dan bimbingan yang dilakukan oleh orang tua saat di rumah untuk memperkuat kemampuan membaca siswa. Maka dari itu peran serta orang tua dalam memberikan bimbingan dan menerapkan pola asuh sangat penting dan berpengaruh dengan keberhasilan Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pola asuh yang diterapkan orang tua di rumah dan faktor penyebab kesulitan membaca pada siswa kelas IV SD Negeri Gugus IV Kuta Utara, Kabupaten Badung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 10 subjek siswa dengan kriteria siswa yang memiliki kesulitan membaca dan 9 subjek orang tua dari siswa tersebut. Pengumpulan data menggunakan metode non tes berupa observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan 2 teknik yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskripsi kuantitatif. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan pola asuh yang diterapkan berdasarkan pemberian kuesioner yaitu 62% pola asuh otoriter, 69% pola asuh permisif, dan 72% pola asuh demokratis, dari hasil tersebut didapatkan bahwa subjek orang tua dalam penelitian ini lebih banyak menerapkan pola asuh demokratis. Sedangkan hasil analisis faktor kesulitan membaca dilihat dari aspek internal dengan skor 64%, dan 69% faktor eksternal, dari hasil tersebut didapatkan faktor yang menyebabkan sebagian besar siswa mengalami kesulitan membaca adalah faktor eksternal yaitu lingkungan dari luar siswa seperti lingkungan keluarga dan lingkungan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Kesulitan Membaca, Siswa Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Ayu Emalasari
Date Deposited: 15 Feb 2023 03:20
Last Modified: 15 Feb 2023 03:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13940

Actions (login required)

View Item View Item