Antari, Ni Putu Melly (2023) PENGARUH POLA ASUH AUTHORITATIVE ORANG TUA DI RUMAH TERHADAP KARAKTER DISIPLIN BELAJAR PADA DIRI SISWA KELAS V DI SD GUGUS 1 KELURAHAN GIANYAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031103-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031103-ABSTRAK.pdf Download (330kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031103-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (422kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031103-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (866kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031103-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (978kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031103-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (796kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031103-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031103-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (506kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031103-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Dasar pendidikan anak yang paling pertama dan utama dalam pembentukan karakternya yaitu ada pada lingkungan keluarga. Seorang anak menganggap keluarga khususnya orang tua menjadi role model sebab pengalaman pertamanya yaitu dari lingkungan keluarga. Pembentukan karakter disiplin belajar yang diberikan kepada anak tidak dapat dilakukan dengan cara menghafal namun penerapan pola asuh orang tua yang menjadi sangat vital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pola asuh authoritative orang tua di rumah terhadap karakter disiplin belajar pada diri siswa kelas V di SD Gugus 1 Kelurahan Gianyar. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelompok siswa kelas V di SD Gugus 1 Kelurahan Gianyar yang berjumlah 262 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportional random sampling. Penentuan sampel dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan tabel dari Krejcie dan Morgan dengan taraf kesalahan 5% sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 155 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode non tes berupa kuesioner (angket). Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Namun sebelum uji hipotesis dilakukan, terlebih dahulu melakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji autokorelasi dan uji heterokedastisitas. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa F_hitung= 128,15 > F_tabel = 3,90 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, dimana terdapat pengaruh yang signifikan pola asuh authoritative orang tua di rumah terhadap karakter disiplin belajar pada diri siswa kelas V di SD Gugus 1 Kelurahan Gianyar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola asuh authoritative, disiplin belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Melly Antari |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 03:41 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 03:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13942 |
Actions (login required)
View Item |