Susiliastini, Ni Komang Taris (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 TOJAN KLUNGKUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031025-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031025-ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (953kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031025-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031025-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan media pembelajaran flipbook pada muatan pelajaran matematika materi pecahan kelas V SD Negeri 1 Tojan, (2) untuk mengetahui kualitas pengembangan media pembelajaran flipbook pada muatan pelajaran matematika materi pecahan kelas V SD Negeri 1 Tojan, dan (3) untuk mengetahui efektivitas pengembangan media pembelajaran flipbook pada muatan pelajaran matematika materi pecahan kelas V SD Negeri 1 Tojan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes hasil belajar dan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) Rancang bangun media pembelajaran flipbook yang meliputi beberapa tahap yaitu (a) analisis (analyse), (b) perancangan (design), (c) pengembangan (development), (d) implementasi (implementation), dan (e) evaluasi (evaluation) dengan hasil penilaian uji ahli rancang bangun sebesar 90,90% (sangat baik), (2) Kualitas media pembelajaran flipbook berdasarkan hasil penilaian ahli isi pembelajaran sebesar 93,30% (sangat baik), penilaian ahli desain pembelajaran sebesar 93% (sangat baik), penilaian ahli media pembelajaran sebesar 85% (baik), uji coba perorangan sebesar 86,67% (baik), dan uji coba kelompok kecil sebesar 94,16% (sangat baik), dan (3) Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa nilai thitung = -17,75 sedangkan ttabel dengan taraf signifikansi 5% diperoleh angka sebesar 2,07 Hal ini berarti thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran flipbook pada muatan pelajaran matematika materi pecahan kelas V di SD Negeri 1 Tojan Kabupaten Klungkung, tetapi peningkatan skor rerata antara pre-test dan post-test masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, flipbook, matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Taris Susiliastini |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 03:57 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 03:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14005 |
Actions (login required)
View Item |