Hartayani, Ni Nyoman Putri (2023) Analisis Kesulitan Membaca Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua pada Siswa Kelas VI SD Gugus III, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031223-COVER.pdf Download (320kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031223-ABSTRAK.pdf Download (89kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031223-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (174kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031223-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031223-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031223-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031223-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031223-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031223-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesulitan membaca yang dialami oleh siswa kelas tinggi. Tidak hanya guru yang berperan dalam membimbing siswa, tetapi orang tua juga sangat berperan penting dalam mendidik anaknya. Sehingga, bentuk pola asuh dari orang tua sangat mempengaruhi pada perkembangan anak terutama dalam hal membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pola asuh yang diterapkan orang tua dan faktor yang menyebabkan siswa kelas VI di SD Gugus III, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar mengalami kesulitan membaca. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria orang tua yang memiliki anak bersekolah di SD Gugus III, Kecamatan Gianyar dan mengalami kesulitan membaca. Sehingga ditemukan sampel sebanyak 8 subjek orang tua dan 8 subjek siswa. Pengumpulan data menggunakan metode non tes berupa observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan 2 teknik yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Adapun hasil analisis data penelitian ini dengan persentase skor pola asuh orang tua setiap aspek dideskripsikan sebagai berikut: 1) pola asuh otoriter persentase skor sebesar 59%; 2) pola asuh permisif persentase skor sebesar 73%; dan 3) pola asuh demokratis persentase skor sebesar 76%. Sedangkan persentase skor pada faktor kesulitan membaca pada kedua aspeknya dideskripsikan sebagai berikut: 1) faktor internal dengan persentase skor 59% dan 2) faktor eksternal dengan persentase skor 71%. Dari hasil penelitian, disimpulkan sebagian besar orang tua menerapkan pola asuh demokratis dalam mendidik anaknya dan faktor yang menyebabkan sebagian besar siswa mengalami kesulitan membaca adalah faktor eksternal yang meliputi lingkungan sekitar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh Orang Tua, Kesulitan Membaca |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Putri Hartayani |
Date Deposited: | 18 Feb 2023 10:33 |
Last Modified: | 18 Feb 2023 10:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14024 |
Actions (login required)
View Item |