Pel, Theresa Afriani Cantum (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SUBTEMA MASYARAKAT PEDULI LINGKUNGAN MUATAN PKN SISWA KELAS VI SDN 1 PADANGBULIA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911021047-COVER.pdf Download (216kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911021047-ABSTRAK.pdf Download (76kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (136kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911021047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021047-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021047-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (47kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911021047-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual, (2) mengetahui validitas hasil pengembangan video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual, (3) menguji efektivitas penggunaan video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual pada muatan mata pelajaran PKN siswa kelas VI SDN 1 Padangbulia tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan medote kuesioner/angket dan tes obyektif pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial uji-t. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) produk media video pembelajaran berbasis pendekatan kotekstual yang dikembangkan dengan model ADDIE. Rancang bangun video pembelajaran menurut review ahli teknologi pendidikan diperoleh hasil sebesar 95% dengan kategori sangat baik. (2) validitas media video pembelajaran menurut review para ahli diperoleh hasil sangat baik, Presentase tingkat pencapaian dari review ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran berturut-turut yaitu 90%, 90%, dan 92,5%. Berdasarkan uji coba produk juga diperoleh hasil sangat baik. Presentase tingkat pencapaian dari uji coba perorangan dan kelompok kecil berturut-turut yaitu 95% dan 96,67%. (3) efektifitas media video pembelajaran menunjukaan rata-rata nilai pretest adalah 49,2 dan rata-rata nilai posttest adalah 88. Setelah dilakukan perhitungan secara manual diperoleh hasil t_hitung (21,295) > t_tabel (2,042) sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual dengan siswa yang tidak menggunakan media video pembelajaran berbasis kontekstual pada muatan mata pelajaran PKN siswa kelas VI SDN 1 Padangbulia tahun pelajaran 2022/20223.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, video pembelajaran, kontekstual, pkn, ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Theresa Afriani Cantum Pel |
Date Deposited: | 19 Feb 2023 04:44 |
Last Modified: | 19 Feb 2023 04:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14097 |
Actions (login required)
View Item |