Sudiartini, Ni Komang (2023) PENERAPAN MEDIA GAMBAR POHON IMAJINASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI KELAS VIB SD LABORATORIUM UNDIKSHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912013001-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912013001-ABSTRAK.pdf Download (226kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912013001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (463kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912013001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (737kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912013001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (668kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912013001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (867kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912013001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912013001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912013001-LAMPIRAN.pdf Download (644kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) langkah-langkah pembelajaran yang ditempuh oleh guru dalam menerapkan media pohon imajinasi dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VI SD Laboratorium Undiksha. (2) kendala yang dihadapi guru. (3) respons siswa terhadap penerapan media pohon imajinasi dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VI SD Laboratorium Undiksha. Penelitian ini menggunakan rancangan deskripstif kualitatif dan deskritif kuantitatif . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Laboratorium Undiksha dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI SD Laboratorium Undiksha. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan media pohon imajinasi yang merupakan perwujudan dari metode peta pikiran. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan beberapa metode yakni: (1) metode observasi, (2) metode wawancara, (3) metode kuisioner untuk. Melihat respon siswa terhadap penggunaan media imajinasi dalam penulisan puisi. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) penerapan media gambar pohon imajinasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi kelas VI SD Laboratorium Undiksha berlangsung dengan baik, (2) kendala-kendala guru dalam penerapan metode peta pikiran pada pembelajaran bahasa indonesia kelas VI SD Laboratorium Undiksha ialah yang pertama sulitnya mencari topik yang tepat untuk mendukung pembelajaran di kelas, belum dibagikan buku teks bahasa Indonesia edisi terbaru kepada guru dan siswa, membuat pelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam pembelajaran menulis puisi menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan susahnya guru memberikan motivasi kepada beberapa siswa yang tidak suka dengan pembelajaran sastra, salah satunya adalah menulis teks puisi dan, (3).respons siswa terhadap penerapan media gambar pohon imajinasi di kelas VI SD Laboratorium Undiksha sangat positif (27,9).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peta pikiran, pembelajaran, puisi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Sudiartini |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 00:53 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 00:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14208 |
Actions (login required)
View Item |