Jembari, Ida Ayu Tika (2023) ¬PENGEMBANGAN E-MODUL KONTEKSTUAL BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS AKSARA BALI SISWA KELAS X SMK TEKNOLOGI NASIONAL DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2129071005 -COVER)
2129071005 -Cover.pdf Download (686kB) |
|
Text (2129071005 -ABSTRAK)
2129071005 -Abstrak.pdf Download (416kB) |
|
Text (2129071005 -BAB 1 PENDAHULUAN)
2129071005 -Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (490kB) |
|
Text (2129071005 -BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129071005 -Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) | Request a copy |
|
Text (2129071005 -BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129071005 -Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (732kB) | Request a copy |
|
Text (2129071005 -BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129071005 -Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (2129071005 -BAB 5 PENUTUP)
2129071005 -Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text (2129071005 -DAFTAR PUSTAKA)
2129071005 -Daftar Pustaka.pdf Download (436kB) |
|
Text (2129071005 -LAMPIRAN)
2129071005 -Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan rancang bangun E-Modul kontekstual berorientasi kearifan lokal yang dikembangkan pada mata pelajaran bahasa Bali untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara bali, (2) Untuk mendeskripsikan tanggapan para ahli isi, ahli media dan ahli desain pembelajaran terhadap pengembangan E-Modul kontekstual berorientasi kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara bali, (3) Untuk mendiskripsikan tanggapan siswa dalam uji perorangan, uji kelompok kecil dan uji lapangan terhadap pengembangan E-Modul kontekstual berorientasi kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali (4) Untuk mendeskripsikan tanggapan guru mata pelajaran Bahasa Bali terhadap pengembangan E-Modul kontekstual berorientasi kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Bali, (5) Untuk menguji efektivitas E-Modul kontekstual berorientasi kearifan lokal terhadap peningkatan kemampuan menulis aksara Bali. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan AM3PU3. Siswa yang digunakan dalam uji coba perorangan sebanyak 3 orang siswa, 9 orang untuk kelompok kecil dan 35 orang pada uji lapangan. Validitas hasil pengembangan E-Modul yaitu, (1) menurut ahli isi pembelajaran pada kualifikasi baik, (2) menurut ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik, (3) menurut ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi baik. Data uji coba perorangan berada pada kualifikasi 86,6 % dengan kualifikasi baik, uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi 90,95 % dengan kualifikasi sangat baik dan uji coba lapangan berada pada kualifikasi 90,03 % dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan tes kemampuan menulis aksara Bali diperoleh nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,001 dan lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05), sehingga Hₒ ditolak dan H₁ diterima. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis aksara Bali siswa kelas X sebelum dan sesudah diterapkan E-Modul untuk kemampuan menulis aksara bali. Sehingga media E-Modul valid digunakan dalam pembelajaran Bahasa Bali. Dilihat dari hasil belajar siswa kelas X di SMK Teknologi Nasional Denpasar diketahui bahwa rata-rata posttest sebesar 84,11 dengan kategori baik dan berada diatas KKM mata pelajaran Bahasa Bali yaitu 75,00. Ini berarti ketercapaian kriteria keberhasilan telah tercapai dengan menggunakan media E-Modul kontekstual berorientasi kearifan lokal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul Kontekstual, Berorientasi Kearifan Lokal, Kemampuan Menulis Aksara Bali |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | Ida Ayu Tika Jembari |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 00:26 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 00:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14277 |
Actions (login required)
View Item |