Asniarti, Sovia (2023) Pengembangan E-Modul Berbasis Kontekstual pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Penglatan Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911021003-COVER.pdf Download (235kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911021003-ABSTRAK.pdf Download (27kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (142kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911021003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911021003-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun E-Modul Berbasis Kontekstual pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Penglatan Tahun Pelajaran 2022/2023, mendeskripsikan validitas pengembangan E-Modul Berbasis Kontekstual pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Penglatan Tahun Pelajaran 2022/2023 menurut para ahli dan uji coba produk dan mengetahui efektivitas Berbasis Kontekstual pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Penglatan Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Hannafin and Peck. Subjek penelitian ini adalah ahli isi, ahli desain, ahli media, 3 orang siswa sebagai uji coba perorangan, dan 6 orang siswa sebagai uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistika inferensial uji-t. Diperoleh hasil uji ahli isi pembelajaran sebesar 100%, uji ahli desain pembelajaran sebesar 94%, uji ahli media pembelajaran 92,5%, uji coba perorangan sebesar 97%, dan uji coba kelompok kecil sebesar 95% yang keseluruhan persentase skornya dikualifikasikan sangat baik. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, terlihat bahwa t-hitung adalah 111,000, dibandingkan dengan t-tabel pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 2,042, sehingga menunjukkan bahwa t-hitung > dari t-tabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dengan sesudah menggunakan e-modul bahasa Inggris berbasis kontekstual, maka dapat disimpulkan bahwa media e-modul efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Penglatan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Sovia Asniarti |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 04:18 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 04:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14322 |
Actions (login required)
View Item |