Astuti, I Gusti Ayu Manik Aprilia (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LITERASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENGURANGI LEARNING LOSS PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI 3 BANJAR JAWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031317-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031317-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031317-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (127kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031317-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031317-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031317-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031317-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031317-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031317-LAMPIRAN.pdf Download (20MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki empat tujuan, yaitu: (1) menghasilkan rancang bangun perangkat pembelajaran, (2) menganalisis valisitas isi bahan ajar, (3) menganalisis respon praktisi terhadap bahan ajar, (4) menganalisis efektivitas bahan ajar literasi berbasis kearifan lokal untuk mengurangi learning loss peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu research and development dengan proses tahapan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu bahan ajar literasi berbasis kearifan lokal, objek penelitian yaitu validitas isi, desain, dan media bahan ajar, kepraktisan dan efektivitas bahan ajar. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, tes dan kuisioner. Bentuk instrument berupa rating scale, dengan teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penelitian ini berhasil mengasilkan bahan ajar literasi berbasis kearifan lokal untuk mengurangi learning loss siswa kelas V SD. (2) tingkat pencapaian validitas media sebesar 90,66%, validitas isi sebesar 93,33%, dan validitas desain sebesar 92%, hal ini menunjukan jika validitas mencapai predikat sangat baik. (3) tingkat pencapaian respon praktisi/ guru memperoleh nilai 93,84% dengan predikat sangat baik; dan (4) nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,00 nilai probabilitas ini lebih kecil dibandingkan tingkat signifikansi 0,05 atau p<0,05 (taraf signifikasi 5%). Hal ini berarti H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Bahan Ajar Literasi Berbasis Kearifan Lokal. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Learning Loss, Literasi Berbasis Kearifan Lokal. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Manik Aprilia Astuti |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 02:00 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 02:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14402 |
Actions (login required)
View Item |