Giyanthi, Ni Made Wiyasmei (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIC TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS III UDAYANA TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031203-COVER.pdf Download (366kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031203-ABSTRAK.pdf Download (30kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031203-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (111kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031203-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031203-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031203-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031203-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031203-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031203-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran LAPS-Heuristic terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V SD Negeri Gugus III Udayana Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah Quasi-Experiment, dengan rancangan yang digunakan Non-EquivalentOnly Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini merupakan keseluruhan siswa kelas 5 SD di Gugus III Udayana yang terdiri dari 9 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 126 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Random Sampling, yang dirandom yaitu kelas sebagai Intact Group dengan komposisi sampel SD Negeri 8 Penyaringan yang berjumlah 14 siswa sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 5 Penyaringan yang berjumlah 14 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data hasil belajar calistung adalah metode tes dengan menggunakan tes essay/uraian yang berjumlah 10 butir.Data tersebut dianalisis menggunakan uji-t, diperoleh hasil t_hitung=5,46 dan t_tabel=1,70 untuk db = 26 pada taraf signifikansi 5%. Hasil tersebut menunjukan bahwa t hitung (5,46)> t tabel(1,70). Jadi, pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran LAPS-Heuristic memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V SD Negeri Gugus III Udayana Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LAPS-Heuristic, kemampuan pemecahan masalah matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Wiyasmei Giyanthi |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 08:08 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 08:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14502 |
Actions (login required)
View Item |