Amilia, Nur Vika (2023) Hubungan Harapan Orang Tua dan Self Efficacy dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri di Kecamatan Banjar Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513021058-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513021058-ABSTRAK.pdf Download (255kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513021058-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (290kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513021058-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513021058-BAB III MATODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513021058-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (709kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513021058-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513021058-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (713kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513021058-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri di Kecamatan Banjar yang belum maksimal menjadi masalah utama yang dikaji pada penelitian ini. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis (1) hubungan harapan orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas XI MIPA; (2) hubungan self efficacy dengan prestasi belajar fisika siswa kelas XI MIPA; (3) hubungan harapan orang tua dan self efficacy dengan prestasi belajar fisika kelas XI MIPA. Jenis penelitian ini ex-post facto dengan metode kuantitatif korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Kecamatan Banjar tahun Ajaran 2022/2023 berjumlah 245 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik proporsional random sampling yang berjumlah 150 siswa. Instrumen harapan orang tua dan self efficacy berupa kuesioner, sedangkan instrumen prestasi belajar fisika berupa tes prestasi belajar. nilai koefisien reliabilitas kuesioner harapan orang tua dan self efficacy siswa masing-masing sebesar 0,841 dan 0,862 sedangkan tes prestasi belajar sebesar sebesar 0,842. Uji asumsi yang dilakukan pada penelitian ini meliputi uji normalitas, linearitas dan keberartian rah regresi, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Pengujian hipotesis pada penelitian ini mendapatkan hasil harga Fhitung > Ftabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima dan pada uji F didapatkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, artinya terdapat hubungan antara yang signifikan antara harapan orang tua dan self efficacy dengan prestasi belajar fisika siswa. Simpulan penelitian ini menunjukkan (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara harapan orang tua dengan prestasi belajar fisika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri dengan sumbangan efektif sebesar 68,1%. (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara self efficacy dengan prestasi belajar fisika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri dengan sumbangan efektif sebesar 16,4%. (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara harapan orang tua dan self efficacy siswa dengan prestasi belajar fisika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri dengan sumbangan efektif sebesar 81,5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Harapan Orang Tua, Self efficacy, Prestasi Belajar Fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | NUR VIKA AMILIA |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 07:29 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 07:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14816 |
Actions (login required)
View Item |