Aditya, Made Lanang Nardanusha (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DESA PENGLIPURAN BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA MATA PELAJARAN IPAS MATERI KEUNIKAN KEBIASAAN MASYARAKAT DI SEKITARKU SISWA KELAS IV SDN 18 PEMECUTAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031097-COVER.pdf Download (940kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031097-ABSTRAK.pdf Download (346kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031097-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (354kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031097-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031097-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031097-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031097-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031097-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (333kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031097-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendiskripsikan rancang bangun media video pembelajaran Desa Penglipuran berbasis Profil Pelajar Pancasila mata pelajaran IPAS materi keunikan kebiasaan masyarakat di sekitarku siswa kelas IV SDN 18 Pemecutan, (2) untuk mengetahui kelayakan media video pembelajaran Desa Penglipuran berbasis Profil Pelajar Pancasila mata pelajaran IPAS materi keunikan kebiasaan masyarakat di sekitarku siswa kelas IV SDN 18 Pemecutan, dan (3) untuk mengetahui efektifitas media video pembelajaran Desa Penglipuran berbasis Profil Pelajar Pancasila mata pelajaran IPAS materi keunikan kebiasaan masyarakat di sekitarku siswa kelas IV SDN 18 Pemecutan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah kuesioner. Teknik analisi data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskrifti, kuantitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) rancang bangun penelitian menerapkan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi, berdasarkan hasil penilaian ahli rancang bangun sebesar 90,00% (sangat baik), (2) Media video pembelajaran ini dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian uji ahli rancang bangun sebesar 90,00% (sangat baik), uji ahli isi mata pelajaran sebesar 90,00% (sangat baik), uji ahli desain instruksional sebesar 92,50% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 95,00% (sangat baik), uji perorangan sebesar 90,27% (sangat baik), uji coba kelompok kecil sebesar 92,35% (sangat baik), (3) Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa nilai thitung = 14,095. Harga thitung tersebut dibandingkan dengan harga ttabel pada taraf 5% dengan diketahui dk = (n1 - 1) + (n2 - 1) = (33 - 1) + (33 - 1) = 64 diperoleh ttabel = 1,990. Hasil tersebut menunjukan bahwa thitung = 14,095 > ttabel = 1,990, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan media video pembelajaran Desa Penglipuran berbasis Profil Pelajar Pancasila efektif diterapkan dalam mata pelajaran IPAS materi keunikan kebiasaan masyarakat di sekitarku siswa kelas IV SDN 18 Pemecutan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, video pembelajaran, Profil Pelajar Pancasila, IPAS. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Lanang Nardanusha Aditya |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 03:14 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 03:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14857 |
Actions (login required)
View Item |