Utami, Ni Luh Komang Sri Mulia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN LITERASI VISUAL PADA KOMPETENSI IPA SISWA KELAS V GUGUS VI YUDISTIRA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031255-COVER.pdf Download (364kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031255-ABSTRAK.pdf Download (198kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031255-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (171kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031255-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031255-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031255-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031255-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031255-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031255-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan mind map untuk meningkatkan literasi visual pada kompetensi IPA siswa kelas V gugus VI Yudistira. Peneltian ini termasuk penelitian semu (Quasi Eksperimental), dengan rancangan yang digunakan yaitu non-equivalent control grup design, dalam penelitian ini Populasi adalah siswa kelas V Gugus VI Yudistira yang berjumlah 106 siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan cara undian kemudian dilakukan pre-test untuk penyetaraan sampel. Kelas eksperimen yaitu SD N 2 Berangbang berjumlahkan 24 orang siswa dan kelas kontrol yaitu SD N 1 Berangbang berjumlahkan 22 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, data diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. berdasarkan hasil analisis uji – t didapatkan harga thitung = 5.05 pada daraf signifikansi 5% dengan dk + n1 + n2 = 24 + 22 – 2 menunjukkan nilai ttabel = 1, 68 berdasarkan hal tersebut diperoleh thitung = 5.05 >ttabe = 1.68, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima, dan dibukitikan dengan rata – rata gain skor literasi Visual Pada Kompetensi IPA siswa kelompok eksperimen yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan mind map memiliki rata-rata lebih tinggi daripada siswa kelompok kontrol dengan metode konvensional. Sehingga dinytakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan Mind Map untuk meningkatkan Literasi Visual pada siswa kelas V SD di gugus VI Yudistira Kecamatan Negara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student facilitator and explaining, mind map, literasi visual , kompetensi IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Komang Sri Mulia Utami |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 02:04 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 02:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15364 |
Actions (login required)
View Item |