PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS SISWA KELAS IV SD GUGUS IV KEDIRI

Utami, Ni Made Nita Putri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS SISWA KELAS IV SD GUGUS IV KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031029-COVER.pdf

Download (712kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031029-ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (373kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (471kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031029-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media benda konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPAS pada siswa kelas IV SD Gugus IV Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus IV Kediri yang terdiri dari 6 sekolah dan 8 kelas dengan banyak siswa 204 orang. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 7 Kediri sebagai kelompok eksperimen dengan banyak siswa yaitu 31 orang dan kelas IV A SD Negeri 1 Kediri sebagai kelompok kontrol dengan banyak siswa 28 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial Uji Anakova (Analisis Kovarian). Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 15,32 (rendah), dan rata-rata pre-test kelompok kontrol 13,96 (rendah). Rata-rata post-test kelompok eksperimen 23,87 (rendah), dan rata-rata post-test kelompok kontrol 19,61 (sedang). Berdasarkan hasil analisis uji Anakova diperoleh t-hitung = 52,66 dan t-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 56 adalah 4,01. Hal ini menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel (52,66 > 4,01) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media benda konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPAS pada siswa kelas IV SD Gugus IV Kediri Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: IPAS, benda konkret, CTL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Nita Putri Utami
Date Deposited: 03 Jul 2023 01:26
Last Modified: 03 Jul 2023 01:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15419

Actions (login required)

View Item View Item