Utami, Ni Made Nita Putri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA BENDA KONKRET TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPAS SISWA KELAS IV SD GUGUS IV KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031029-COVER.pdf Download (712kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031029-ABSTRAK.pdf Download (235kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (373kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (981kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (917kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031029-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031029-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (471kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031029-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media benda konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPAS pada siswa kelas IV SD Gugus IV Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus IV Kediri yang terdiri dari 6 sekolah dan 8 kelas dengan banyak siswa 204 orang. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 7 Kediri sebagai kelompok eksperimen dengan banyak siswa yaitu 31 orang dan kelas IV A SD Negeri 1 Kediri sebagai kelompok kontrol dengan banyak siswa 28 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial Uji Anakova (Analisis Kovarian). Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 15,32 (rendah), dan rata-rata pre-test kelompok kontrol 13,96 (rendah). Rata-rata post-test kelompok eksperimen 23,87 (rendah), dan rata-rata post-test kelompok kontrol 19,61 (sedang). Berdasarkan hasil analisis uji Anakova diperoleh t-hitung = 52,66 dan t-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 56 adalah 4,01. Hal ini menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel (52,66 > 4,01) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media benda konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPAS pada siswa kelas IV SD Gugus IV Kediri Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: IPAS, benda konkret, CTL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Nita Putri Utami |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 01:26 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 01:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15419 |
Actions (login required)
View Item |