Arsani, Ni Made Dwi Nita (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN HIRAGANA DAN KATAKANA PADA SISWA KELAS XI BB 1 DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912061038-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912061038-ABSTRAK.pdf Download (527kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912061038-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Download (366kB) |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1912061038-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only until August 2023. Download (402kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912061038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only until August 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912061038-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only until August 2023. Download (148kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912061038-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912061038-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan huruf Hiragana dan Katakana, serta respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media teka-teki silang. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Singaraja. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI BB 1 dengan jumlah 26 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, dan metode kuesioner. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media teka-teki silang dapat meningkatkan penguasaan huruf Hiragana dan Katakana siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan nilai siswa sebelum tindakan sampai siklus II. Persentase ketuntasan siswa pada pre-test sebesar 19,23%. Kemudian pada siklus I, persentase ketuntasan siswa sebesar 84,61%. Sedangkan pada siklus II, persentase ketuntasan siswa sebesar 100%. Selain itu, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media teka-teki silang memperoleh respon yang positif. Rata-rata skor respons siswa pada siklus I sebesar 33,61. Sedangkan rata-rata skor respons siswa mengalami peningkatan pada siklus II menjadi sebesar 35,80. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan teka-teki silang dapat meningkatkan penguasaan huruf Hiragana dan Katakana siswa dengan respons yang positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Huruf Hiragana dan Katakana, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), Media teka-teki silang |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Ni Made Dwi Nita Arsani |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 12:38 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 12:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15435 |
Actions (login required)
View Item |