PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN HIRAGANA DAN KATAKANA PADA SISWA KELAS XI BB 1 DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2022/2023

Arsani, Ni Made Dwi Nita (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN HIRAGANA DAN KATAKANA PADA SISWA KELAS XI BB 1 DI SMA NEGERI 4 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912061038-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912061038-ABSTRAK.pdf

Download (527kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912061038-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf

Download (366kB)
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1912061038-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only until August 2023.

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912061038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only until August 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912061038-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only until August 2023.

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912061038-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912061038-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan huruf Hiragana dan Katakana, serta respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media teka-teki silang. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Singaraja. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI BB 1 dengan jumlah 26 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, dan metode kuesioner. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media teka-teki silang dapat meningkatkan penguasaan huruf Hiragana dan Katakana siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan nilai siswa sebelum tindakan sampai siklus II. Persentase ketuntasan siswa pada pre-test sebesar 19,23%. Kemudian pada siklus I, persentase ketuntasan siswa sebesar 84,61%. Sedangkan pada siklus II, persentase ketuntasan siswa sebesar 100%. Selain itu, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media teka-teki silang memperoleh respon yang positif. Rata-rata skor respons siswa pada siklus I sebesar 33,61. Sedangkan rata-rata skor respons siswa mengalami peningkatan pada siklus II menjadi sebesar 35,80. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantuan teka-teki silang dapat meningkatkan penguasaan huruf Hiragana dan Katakana siswa dengan respons yang positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Huruf Hiragana dan Katakana, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), Media teka-teki silang
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Ni Made Dwi Nita Arsani
Date Deposited: 24 Jul 2023 12:38
Last Modified: 24 Jul 2023 12:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15435

Actions (login required)

View Item View Item