Saputra, I Kadek Hendra Dwi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PUJA MANDALA KUTA SELATAN BERBASIS TOLERANSI MATERI KERAGAMAN AGAMA DI INDONESIA MUATAN IPS SISWA KELAS IV DI SDN 2 AAN KLUNGKUNG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031046-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031046-ABSTRAK.pdf Download (466kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031046-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (395kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031046-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031046-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (680kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031046-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031046-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031046-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (374kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031046-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui rancang bangun media video pembelajaran Puja Mandala Kuta Selatan Berbasis Toleransi Materi Keragaman Agama di Indonesia Muatan IPS Siswa Kelas IV di SDN 2 Aan Klungkung, (2) Untuk mengetahui kelayakan media video pembelajaran Puja Mandala Kuta Selatan Berbasis Toleransi dengan materi ajar keragaman agama di Indonesia ditinjau dari uji ahli isi, uji ahli desain, uji ahli media, uji perorangan, dan uji kelompok kecil kelas IV di SDN 2 Aan Klungkung, (3) Untuk mengetahui efektivitas media video pembelajaran Puja Mandala Kuta Selatan Berbasis Toleransi dalam materi ajar keragaman agama di Indonesia kelas IV di SDN 2 Aan Klungkung. Dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui metode tes dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian adalah (1) Rancang bangun media video pembelajaran dengan hasil penilaian dari ahli rancang bangun sebesar 90% dengan kualifikasi (Sangat Baik), (2) Media video dinyatakan layak berdasarkan penilaian uji ahli isi mata pelajaran sebesar 90% dengan kualifikasi (Sangat Baik), uji ahli desain instruksional sebesar 90% dengan kualifikasi (Sangat Baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 90% dengan kualifikasi (Sangat Baik), uji coba perorangan sebesar 90,83% dengan kualifikasi (Sangat Baik), dan uji coba kelompok kecil 90,83% dengan kualifikasi (Sangat Baik), (3) Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa nilai thitung = 6.497 sedangkan ttabel dengan taraf signifikansi 5% dengan dk = (n1 – 1) + (n2 – 1) = (19 – 1) + (19 – 1) = 36 diperoleh ttabel sebesar 2, 021 hal ini berarti thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video pembelajaran Puja Mandala Kuta Selatan Berbasis Toleransi efektif diterapkan pada materi Keragaman Agama di Indonesia muatan IPS siswa Kelas IV di SDN 2 Aan Klungkung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Video Pembelajaran, Toleransi, IPS, Keragaman. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Kadek Hendra Dwi Saputra |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 02:14 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 02:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15445 |
Actions (login required)
View Item |